KABAR
13 April 2016
Sayembara Komik Rapotivi Hadir Kembali

Halo teman-teman!

Hampir tiap rumah memiliki pesawat televisi. Apa yang disajikan melaluinya menjadi konsumsi kita sehari-hari. Tak pelak, televisi bagian yang tak terpisahkan dan sangat berpengaruh dalam kehidupan sosial kita.

Namun, kebanyakan industri televisi di Indonesia hari ini gagal memenuhi hak warga untuk mendapatkan tayangan yang sehat, benar, dan bermanfaat. Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) pun selain kurang dikenal atau dimanfaatkan publik, kinerjanya juga belum maksimal. Sebab itu Rapotivi hadir untuk menjembatani publik dengan KPI, agar lembaga ini bekerja lebih cepat, responsif, dan progresif.

Melalui aplikasi Android maupun laman rapotivi.org, Rapotivi menjadi wadah bagi warga dalam mengadukan tayangan televisi tak sehat. Setiap aduan yang masuk, setelah diverifikasi, akan diteruskan ke Komisi Penyiaran Indonesia (KPI).

Selain melaporkan status aduan yang disampaikan oleh warga, Rapotivi secara berkala menerbitkan literasi media dalam bentuk kabar, infografis, dan komik. Literasi ini dimaksud untuk membekali warga dengan kemampuan untuk memilah dan menilai isi tayangan televisi secara kritis.

Bagi kamu yang hobi membuat komik, Rapotivi kembali mengadakan Sayembara Komik terkait pelanggaran tayangan televisi. Komik bersifat santai, namun tetap reflektif. Ringan, tapi tidak sepele. Komik diutamakan mengangkat tema Malpraktik Jurnalisme, Politik dan Televisi, dan Sinetron Remaja Masa Kini. Selain dari yang disebutkan, tema lain diperbolehkan untuk diangkat, asalkan mengacu pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran (lihat di http://bit.ly/P3SPSpdf).

Komik-komik dalam Arsip Komik berikut dapat menjadi rujukan dalam membuat karya. Setiap karya yang sesuai dengan konten Rapotivi, akan dipublikasikan di aplikasi Rapotivi dan laman rapotivi.org, serta rubrik ‘Senggang’ di remotivi.or.id dan mendapat hadiah sebesar Rp. 450.000 per karya. Teman-teman punya ide menarik tentang pelanggaran tayangan televisi untuk dijadikan komik? Mari simak gambar berikut untuk informasi lebih lengkap tentang Sayembara Komik ini.

Kami menunggu kontribusi teman-teman :)

(RAPOTIVI/Abby Faraz Airlangga)

Kompilasi Aduan Warga 1-30 November 2017
Pada periode ini terdapat 13
Tak Ada Kepentingan Publik Di Pernikahan Kahiyang
Tanggal 8 November,
Kompilasi Aduan Warga 1-31 Oktober 2017
Pada periode ini terdapat 11
Kompilasi Aduan Warga 1-30 September 2017
Pada periode ini terdapat 13